Fath 10 (O)


Tema: Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tipe: batik kombinasi tulis-cap. Bahan: kain katun primisima. Ukuran: 110x190cm (non-pigura). Berat: 200 gr. Harga (Rp): 180.000,00.

Keterangan:
Ayat dalam kaligrafi teersebut merupakan bagian awal dari ayat ke-10 surat al-Fath, yang bunyinya;
إن الذين يبايعونك إنمايبايعون الله
Artinya, "Sesungguhnya, orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah."
Pada bulan Zulkaidah tahun keenam Hijriyyah Nabi Muhammad beserta pengikut-pengikutnya akan mengunjungi Mekkah untuk melakukan 'umrah dan melihat keluarga mereka yang telah lama ditinggalkan. Sesampai di Hudaibiyah ia berhenti dan mengutus Utsman bin Affan lebih dahulu ke Mekah untuk menyampaikan maksud kedatangan beliau dan kaum muslimin. Mereka menanti-nanti kembalinya Utsman, tetapi tidak juga datang karena Utsman ditahan oleh kaum musyrikin, kemudian tersiar lagi kabar bahwa Utsman telah dibunuh. Karena itu Nabi menganjurkan agar kamu muslimin melakukan bai'ah (janji setia) kepadanya. Merekapun mengucapkan janji setia kepada Nabi dan mereka akan memerangi kamu Quraisy bersama Nabi sampai kemenangan tercapai. Perjanjian setia ini telah diridhai Allah sebagaimana tersebut dalam ayat 18 surat ini, karena itu disebut Bai'atur Ridwan. Bai'atur Ridwan ini menggetarkan kaum musyrikin, sehingga mereka melepaskan Utsman dan mengirim utusan untuk mengadakan perjanjian damai dengan kaum muslimin. Perjanjian ini terkenal dengan Shulhul Hudaibiyah.
Kelanjutan dari ayat itu adalah
فوق أيديهم فمن نكث فإنماينكث على نفسه ومن أوفى بماعاهدعليه الله فسيؤتيه أجراغظيما
artinya, "Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar."
Orang yang berjanji setia biasanya berjabatan tangan. Caranya berjanji setia dengan Rasul ialah meletakkan tangan Rasul di atas tangan orang yang berjanji itu. Jadi maksud tangan Allah di atas mereka ialah untuk menyatakan bahwa berjanji dengan Rasulullah sama dengan berjanji dengan Allah. Jadi seakan-akan Allah di atas tangan orang-orang yang berjanji itu. Allah Maha Suci dari segala sifat-sifat yang menyerupai makhluknya.
Surat Al Fath terdiri atas 29 ayat, termasuk golongan surat-surat Madaniyyah, diturunkan sesudah surat al-Jum'ah. Dinamakan al-Fath (kemenangan) diambil dari perkataan fat-han yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Sebagian besar dari ayat-ayat surat ini menerangkan hal-hal yang berhubungan dengan kemenangan yang dicapai Nabi Muhammad dalam peperangan-peperangannya.
Nabi Muhammad sangat gembira dengan turunnya ayat pertama surat ini. Kegembiraan ini dinyatakan dalam sabda beliau yang diriwayatkan Bukhari; Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat, yang surat itu benar-benar lebih aku cintai dari seluruh apa yang disinari matahari. Kegembiraan Nabi Muhammad itu ialah karena ayat-ayatnya menerangkan tentang kemenagan yang akan diperoleh Muhammad dalam perjuangannya dan tentang kesempurnaan nikmat Allah kepadanya.
Ayat ini berisi tentang keimanan, bahwa Allah mempunyai tentara di lagit dan di bumi; janji Allah kepada orang-orang mukmin bahwa mereka akan mendapat ampunan Tuhan dan pahala yang besar; Allah mengutus Muhammad sebagai saksi, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan; Agama Islam akan mengalahkan agama-agama lain. Juga berisi tentang hukum, yakni tentang orang pincang dan orang-orang yang sakit dibebaskan dari kewajiban berperang. selain itu ada kisah atau kejadian di sekitar Bai'aturridhwan dan Perdamaian Hudaibiyyah. Juga berisi tentang berita gembira yang disampaikan Allah kepada Nabi Muhammad, bahwa dia bersama-sama orang mukmin akan memasuki kota Mekah dengan kemenangan, dan hal ini memang terlaksana setelah setahun kemudian, sikap orang-orang mukmin terhadap sesama mukmin dan sikap mereka terhadap orang-orang kafir; sifat-sifat Nabi Muhammad dan para sahabatnya sudah disebutkan dalam Taurat dan Injil; janji Allah bahwa orang Islam akan menguasai daerah-daerah yang sewaktu Nabi Muhammad belum dikuasai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar